Tidak bisa login di akun facebook karena email yang tidak aktif dihapus facebook

Tidak bisa login di akun facebook karena email yang tidak aktif dihapus facebook

Siapa sih yang ridak mengenal facebook? Aplikasi media sosial besutan Mark Zuckerberg ini menjadi platform media social terpopuler di dunia.

Berdasarkan data website statistik statista, facebook menempati urutan teratas sebagai media sosial yang paling banyak digunakan. Pengguna aktifnya bahkan mencapai 2.7 miliar pengguna di bulan Oktober tahun 2020.

Tingginya jumlah pengguna aplikasi media sosial ini salah satunya dikarenakan banyaknya pengguna yang menggunakan akun ganda. Contohnya saya sendiri, saya memiliki setidaknya 4 akun facebook yang aktif. Mudahnya mendaftar di masa lalu menjadi alasan karena cukup menggunakan akun email yang aktif maupun tidak aktif.

Beberapa akun saya yang aktif saya daftarkan menggunakan akun email yang sudah tidak aktif. Awalnya sih alamat email tersebut aktif, namun karena email saya tersebut adalah email gratis yang disediakan oleh yahoo, akibatnya saya malas membukanya selama bertahun-tahun. Akibatnya email tersebut dinonaktifkan.

Tahu sendirilah, email yang menggunakan yahoo bikin malas. Tampilannya yang cukup biasa serta adanya masalah-masalah yang muncul membuat saya malas menggunakan email ini. Masalah tersebut yang paling menjengkelkan adalah sering kali email yang dikirimkan orang lain ke email saya tidak masuk. Entah kenapa bisa begitu, pesan email idak masuk sama sekali sekalipun itu di folder spam. Akibatnya saya tidak pernah lagi menggunakan email dari yahoo dan beralih menggunakan gmail.

Selama ini akun facebook saya yang terdaftar dengan menggunakan email yahoo tersebut baik-baik saja sampai beberapa minggu yang lalu. Saya tidak bisa login dengan alasan alamat email pengguna tidak ditemukan. Awalnya saya pikir facebook sedang gangguan atau melakukan maintenance system. Selang beberapa hari kemudian saya mencoba login kembali tapi hasilnya nihil.

Saya akhirnya tersadar bahwa alamat email yang saya gunakan sebagai data login tersebut telah dihapus karena tidak aktif. Tidak hanya facebook, semua aplikasi yang terkait dengan perusahaan yaang dimiliki Mark Zuckerberg sepertinya sedang berbenah, seperti kejadian akun whatsapp saya logout secara otomatis karena nomor telepon saya sudah tidak aktif.

Lalu bagaimana cara mengatasi hal ini?, berhubung akun facebook tersebut tetap aktif karena saya masih melihatnya di daftar teman facebook saya, sepertinya masih bisa diselamatkan. Cara yang paling logis yang bisa saya lakukan adalah dengan menghubungi pihak facebook dan menceritakan detail masalah yang saya alami dengan akun facebook saya itu.

Semoga saja bisa dikembalikan soalnya cukup sayang juga, akun facebook tersebut adalah akun lama yang saya buat sekitar tahun 2013 untuk keperluan game online. Jika cara ini berhasil, saya akan mengupdatenya pada tulisan berikutnya.

Comments

Disqus